Saturday 11 January 2014

Lapis Jongkong ( Jawa Timur )




Lihat Postingan mbak Hesti tentang Lapis Jongkong, jadi pengen banget ngerasain. Jujur saja yang namanya abu merang itu saya sendiri ngak pernah tau, bentuk batang padi yag akan dibakar dijadiin abu merang saya juga ngak tau, sampai akhirnya saya baca di comment mbak hesti , bisa juga dibuat dari daun pisang kering yang dibakar, besok pagi saya langsung cari daun pisang, kebetulan dihalaman rumah saya disampingnya ada tanaman pisang, Alhamdullillah ada yang kering, langsung saya cuci biar bersih trus dilap dijemur sebentar, sempat bingung jg sich biar ada abunya langsung dibakar atau gimna yaaa...?

Akhirnya saya bakar aja di microwave sampai kering dan hitam banget, daun pisang yang dibakar itu wanginya kemana-mana, terus dihancurin sampai jadi abu , kalo saya supaya langsung halus saya blender hasilnya lebih halus.

Tapi setelah dicampur disantan warnanya abu-abu terang, ngak hitam, sampai akhirnya saya gunakan pewarna hitam sedikit, tetapi untuk rasa saya rasa wenaaakk banget ada wangi daun pisangnya, walaupun saya sendiri belum pernah makan jongkong, tapi saya suka banget sama resep mbak hesti. 

Terimakasih buat mbak Hesti ( yang kebetulan mbak Hesti sendiri dapat resepnya dari mbak Lukie dan mbak Diah), untuk resep-resepnya , dan hasilnya sangat enak, ngak nyangka juga dari abu daun pisang bisa dijadikan salah satu kue tradisional yang rasanya enak.


Bahan : 
- 700 ml santan dari 1 butir kelapa 
- 180 gr gula pasir 
- 3/4 sdt garam 
- 200 gr tepung beras 
- 40 gr tepung kanji 
- 100 ml air abu merang (dari 100 ml adonan + 5 sdm abu merang, saring) 
- 100 air daun suji ( 20 lmbr daun suji + 4 lmbr daun pandan)

Taburan (aduk dan kukus bersama) : 
- 1/2 butir kelapa yang agak muda, kupas dan parut 
- 1/2 sdt garam - 1 lmbr daun pandan, sobek sobek dan simpulkan

Cara membuat : 
Rebus santan, gula dan garam hingga mendidih. Biarkan dingin, tuang ke campuran tepung beras dan tepung kanji. Aduk rata. Bila perlu saring. Bagi dua bagian, satu bagian ditambahkan air pandan suji dan sebagian lagi ditambahkan air abu merang. 
Panaskan loyang berukuran 22x19x7cm yang telah dioles minyak goreng. Tuang 75 ml adonan hitam. Kukus hingga mengkilat kurleb 5 menit, lalu tuang 75 ml adonan hijau. Lakukan bergantian hingga adonan habis. 
Lanjutkan mengukus 20 menit dengan api sedang. Angkat. Dinginkan. Iris dengan menggunakan pisau yang telah dibungkus plastic wrap. 
Sajikan dengan parutan kelapa yang telah dikukus dengan sedikit garam dan daun pandan



Abu daun pisang setelah dicampur santan warnanya abu-abu




Selamat mencoba ^-^








No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...