Friday 13 December 2013

Pastel Pusing / Karipap


KARIPAP 
By : Yanah Rosyanah
Saya nemunya dari blog mbak Fifi Fitrianto jajanevivi.blogspotcom, sebenarnya terkenal ditetangga kita Singapore dan Malaysia dengan nama Karipap.Sedangkan kalo dikita nama kerennya Pastel Pusing, karena kulitnya beda sama pastel yang biasa.
Udah lama banget pengen buat yang namanya Karipap / Pastel pusing, akhirnya nemu juga blog mbak fifi...mkasih yaaa mbak uda share resepnya, soal rasa untuk  kulit pastelnya jangan diragukan lagi ,wenak, ada krenyes-krenyesnya dan rapuh bgt, saya sendiri ngak cukup makan satu , pengennya makan mlulu, kebetulan saya buatnya ngak terlalu besar satu resep ini bisa jadi 50 lebih karipap. Banyak juga jadinya, bisadisimpan di frezer kalo mau buat banyak, sekalian untuk minum teh sore-sore apalagi saat hujan, mantaaappp, Mama saya aja ketagihan, kalo habis nanya lagi, ngak buat lagi yaaa....., ketagihan mama, ini yaa resepnya saya sertkan:



Bahan A :
100gr Mentega putih (125 gr
50gr Margarin. (75 gr)
300gr Tepung terigu

Bahan B :
700gr Tepung terigu
1sdt Garam
50gr Margarin.
350cc Air. ( Susu cair)
(1/2 sdt royco, me)



Cara membuat :

1. Campur bahan A, uleni hingga kalis, bulatkan. Letakkan diwadah tertutup, sisihkan.

2. Campur bahan B, uleni hingga kalis, bulatkan. Diamkan kurang lebih 15 menit.

3. Tipiskan adonan B kemudian letakkan adonan A ditengah. Lipat adonan B hingga menutupi adonan A. Tipiskan adonan kemudian gulung (lakukan menggulung dan menipiskan hingga 2 kali seperti membuat kulit pastry). Terakhir gulung dan rapatkan.

4. Potong-potong adonan yang sudah digulung tadi (kira2 setebal 1cm) kemudian tipiskan. Isi dengan isian kemudian rapatkan pinggirnya dengan cara di pilin (dicubit). Goreng karipap dengan api sedang hingga matang.






2 comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...